Berburu Ikan Nila di Waduk Cengklik Boyolali

Share Info ~ Salah satu spot mancing ikan nila yang sangat terkenal di wilayah jawa tengah yaitu Waduk Cengklik yang merupakan danau buatan letaknya berdekatan dengan Bandara Adi Sumarmo Boyolali. Waduk ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda untuk pengairan lahan pertanian dan masih berfungsi hingga saat ini.

Lokasi waduk cengklik

Pesona keindahan alam di Waduk Cengklik menjadi lokasi favorit bagi masyarakat yang ingin refreshing murah meriah. Salah satu yang menjadi daya tarik di obyek wisata yang berada di Ngemplak. Hampir setiap hari libur, para pemancing dari seluruh wilayah karesidenan Solo membanjiri lokasi pinggir waduk hanya untuk berburu atau memancing ikan.

Salah satu ikan target yang banyak populasinya di waduk cengklik ini yaitu ikan nila atau ikan mujair. Namun selain ikan nila ada juga berbagai ikan lainnya seperti ikan mas, tawes, nilem dll. Tidak hanya saat hari libur, saat hari-hari biasapun, banyak pemancing yang menghabiskan waktu di Waduk Cengklik.

hasil mancing ikan nila di waduk

Biasanya para angler dari kota Solo dan sekitarnya memancing dari pagi hingga sore hari, bahkan tidak jarang ada yang hingga malam hari. Ketenangan di obyek wisata ini membuat pemancing betah berlama-lama karena memang suasanya yang sejuk dan langsung menghadap ke alam dan pengunungan sehingga ya memang sangat betah untuk memancing di waduk sini.

Bahkan saat siang hari, dimana matahari sangat terik, tidak menyurutkan mereka untuk beranjak dari lokasi. Hanya dengan berlindung menggunakan topi, payung dan baju lengan panjang, para pemancing tetap asyik menikmati aktivitas mereka. Populasi ikan nila di waduk cengklik ini sangat banyak. Hal ini, kemungkinan dipengaruhi dengan banyaknya karamba ikan nila di seputaran waduk.

teknik mancing nyobok

Selain berada di pinggir waduk, para pemancing ini terkadang nekat ke tengah dengan menggunakan perahu getek. Ada juga yang memancing sambil merendam tubuhnya hingga sebatas dada atau yang lebih dikenal dengan istilah “nyobok”. Tekhnik mancing menggunakan tegek dengan umpan lumut essen, cacing dan roti merupakan cara jitu para pemancing di spot Waduk Cengklik ini.

Bagi para pecinta mancing yang ingin menuju ke waduk Cengklik ini kami akan memberikan informasi rute menuju ke sana.

” Waduk Cengklik terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Letaknya hanya sekitar 2 Km di sebelah barat Bandara Adi Sumarmo. Jika ingin menuju ke sana, cara termudah adalah ke perempatan Colomadu terlebih dahulu,ambil kearah bandara (utara). Akan ada satu perempatan lagi, kiri ke Cengklik, lurus ke bandara, dan kanan ke Embarkasi Donohudan. Ambil ke kiri, ikuti jalur ini. Lokasi waduk tepat di tepi jalan ini.

spot mancing di atas bendungan waduk cengklik

Bendungan waduk seluas 300 Ha ini berada di sebelah selatan area genangan. Untuk bisa membawa motor masuk ke atas bendungan, pengunjung dikenai biaya masuk sebesar Rp2.000 rupiah. Semetara mobil harus diparkir di tempat yang sudah disediakan.”

Nah itulah informasi mengenai Berburu Ikan Nila di Waduk Cengklik Boyolali yang bisa anda coba kunjungi ke sana. Selamat Mencoba dan Salam Strike Mania Mantap !!

advertisement :

Berburu Ikan Nila di Waduk Cengklik Boyolali | Essen Katilayu

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *