Cara Bikin Essen Oplosan Ikan Lele

Siapa sih yang tak kenal si ikan berkumis?, yap ikan lele yang mempunyai ciri khasnya dengan kumis dan patil yang sangat galak. Selain rasanya yang nikmat dan banyak dibudidayakan, ikan lele juga banyak dijadikan sebagai target diperlombaan baik sistem harian, kilo gebrus ataupun galatama, hal ini karena ikan lele cukup agresif saat dipancing.

Di alam liar ikan lele bersifat nokturnal, yaitu akan lebih aktif pada malam hari. Namun berbeda dengan ikan lele dari budidaya yang sudah terbiasa diberi makan pagi, siang dan malam. Jadi tak hayal kalau ikan lele galak pada pagi maupun siang hari.

Banyak para pemancing yang menggunakan berbagai jenis umpan, salah satunya yang banyak digunakan untuk lomba yaitu umpan campuran essen oplosan. Nah essen ini berguna agar aroma umpan lebih mantap dan dapat meningkatkan nafsu makan ikan.

Essen saat ini memang sudah banyak dijual di pasaran di berbagai toko pancing. Namun tak ada salahnya jika anda ingin membuat essen oplosan sendiri. Nah pada edisi kali ini kami akan berbagi tips Cara Bikin Essen Oplosan Ikan Lele yang paling mantul.

Ada berbagai jenis standar aroma essen oplosan yaitu ada amisan/hanyir, wangi, atsiri dan asam. Jika diperlukan bisa pakai blend pencampuran, ini memang berlaku universal untuk semua oplosan harus diingat yaaa, simak rakaran persenannya di bawah ini.

  • Amisan : 50%
  • Wangi : 10%
  • Atsiri : 20%
  • Blend Pencampuran : 20%

Standarnya bagi para pancinger yang suka mengoplos essen untuk mancing harian ataupun galatama dibagi ke dalam 4 unsur yang harus pancinger ketahui, yaitu antara lain :

  1. Amisan / hanyiran dihasilkan dari ekstrak daging dan ikan seperti tenggiri, tuna, udang, daging giling, usus dll.
  2. Wangian dihasilkan dari ekstrak makanan dan buah-buahan seperti nangka, kaweni, strawberry, bolu dll.
  3. Untuk blend pencampuran biasanya menggunakan 3 bahan untuk pencampuran aromanya menjadi satu, yaitu seperti pasta netral non aroma.
  4. Dan atsiri dihasilkan dari ekstrak aroma seperti walang sangit, usar, nilam dll.

Selain dari penjelasan di atas, ternyata membuat essen oplosan untuk mancing harian dan galatama ini perlu banyak eksperimen / percobaan untuk menentukan takaran yang pas, karena selalu ada perubahan sedikit pada aroma yang dihasilkan.

Berikut di bawah ini ada beberapa kegunaan dalam penggunaan essen oplosan untuk campuran umpan mancing agar lebih mantap, yaitu antara lain :

  • Dapat membuat ikan “ngeuh” / terpanggil datang dan cepat menemukan umpan.
  • Oplosan essen ini bisa membantu mempercepat ikan makan dan menelan umpan.
  • Dapat meningkatkan performa umpan dan nafsu makan ikan lebih lahap.
  • Oplosan essen ini sangat disukai untuk semua ikan dan ukuran ikan target.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai bagaimana Cara Bikin Essen Oplosan Ikan Lele paling mantap. Namun jika anda tidak ingin ribet untuk membuatnya, bisa anda langsung beli di toko pancing atau di marketplace seperti BUKALAPAK, TOKOPEDIA dan SHOPEE agar lebih praktis dan gak ribet.

Satu hal yang harus para pancinger tahu yaitu selalu pilihkan essen oplosan yang berbahan alami tanpa campuran bahan kimia agar ikan tak mati dan tidak merusak ekosistemnya.

Ingat essen hanya bahan pendukung racikan umpan lebih bagus saja tentu keberuntungan dan teknik mancing akan menentukan hasil yang maksimal. Jangan mudah menyerah jika selalu gagal. Karena kegagalan adalan sebuah keberhasilan yang tertunda. Salam Strike Mania.. MANTAP.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *