Teknik Mancing Ikan Bawal Air Tawar

Share Info ~ Populasi ikan bawal air tawar ini semakin meningkat, karena memang ikan bawal tergolong jenis ikan predator yang sangat rakus sehingga membuat pertumbuhan ikan ini sangat cepat dan memiliki daya tahan yang kuat. Nah pada edisi kali ini kami akan berbagi informasi mengenai cara Teknik Mancing Ikan Bawal Air Tawar yang tepat sehingga dapat menghasilkan ikan yang memuaskan.

Untuk memancing ikan bawal air tawar ini kita bisa menggunakan teknik casting di kolam pemancing yang menggunakan umpan buatan untuk mengecoh atau mengganggu ikan bawal sehingga akan tertarik untuk melahapnya. Teknik casting ini merupakan teknik yang belum banyak dipraktekkan oleh para pecinta mancing dibanding cara mancing yang secara tradisional. Langsung saja berikut trik dan tekniknya di bawah ini :

Teknik Mancing Ikan Bawal Air Tawar Dengan Cara Casting

  • Pertama perhatikan kondisi permukaan air kolamnya, jika ditemukan banyak tenggakan ikan berarti banyak ikan yang berenang di permukaan air tersebut, nah pada kondisi ini anda bisa menggunakan umpan lure jenis floating atau agak shallow untuk lansung melakukan casting.
  • Jika tidak ditemui tenggakan ikan, anda mungkin perlu memasang jenis umpan lure dengan tipe berenang di dalam air serta mendekati permukaan dasar kolam seperti jenis minnow atau juga jenis umpan spoon. Hal tersebut dilakukan agar umpan dapat dengan mudah menjangkau area spot yang ada kumpulan ikan sasarannya.
  • Gunakan umpan lure, minnow atau spoon berukuran 3 hingga 7 cm dan pilih yang bercorak dan warna lure terang yang bisa digunakan untuk menarik perhatian ikan. Dan gunakan jenis pancing tunggal, pancing ganda dan pancing cabang tiga pada lure, minnow atau spoon. Hal ini dilakukan agar pada saat strike ikan yang memiliki tenaga yang cukup kuat tidak dapat membuat rusak pancing.
  • Untuk melakukan teknik casting ikan bawal air tawar anda cukup membutuhkan piranti mancing yang kelas ringan dan sesuaikan dengan area mancingnya. Joran yang digunakan cukup menggunakan tipe joran berkekuatan 16 hingga 20 lbs dengan panjang joran 165 atau 180 cm.
  • Padukan dengan reel yang berukuran 1000 atau 2000 dengan tali senar jenis monofilamen berkekuatan 10 – 16 lbs yang anda bisa gunakan leader di ujung senar dengan ukuran hingga 20 lbs demi menahan gigitan tajam dan hentakan yang kuat dari ikan bawal.
  • Setelah itu lempar umpan buatan ke spot dimana diperkirakan adanya banyak ikan. Bagi para pemancing pemula, lemparlah umpan ke titik yang tak terlalu jauh sekalian membangun tingkat akurasi lemparan.
  • Pada saat umpan masuk ke dalam air, putar atau gulung senar secara perlahan agar gerakan umpan terlihat seperti sungguhan dan bisa menarik perhatian ikan sasaran. Sedangkan penggunaan umpan spoon, hendaknya anda bisa mempertahankan kecepatan gerak spoon yang digulung agar umpan tidak mencapai dasar kolam dan menyangkut.
  • Bawal yang terkail sempurna akan berusaha melepaskan diri dan berontak dengan kekuatannya yang pada saat itulah para pemancing menikmati perlawanan dengan ikan target bawal air tawar. Agar tidak lepas atur drag pada ril agar tidak dalam kondisi terlalu kendur sehingga ikan tidak dengan mudah membawa lari umpan.

Nah itulah informasi Tips & Trik mengenai memancing ikan bawal air tawar dengan teknik casting yang bisa anda terapkan dan coba. Pada intinya yaitu selalu konsentrasi pada pegangan piranti agar tidak terlepas dan selalu mengatur kecepatan menggulung senar agar umpan buatan yang digunakan terlihat realistis dan bisa menarik perhatian ikan-ikan agresif. Selamat Mencoba dan Salam Strike Mania Mantap !!

advertisement :

Teknik Mancing Ikan Bawal Air Tawar | Essen Katilayu

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *